Freelance Jobs

Saturday, May 14, 2011

Korupsi yang melilit Rosa diduga kian banyak

JAKARTA: Kamaruddin Simanjuntak yang notabene bekas pengacara untuk salah satu tersangka kasus suap Kementerian Pemuda dan Olahraga Mindo Rosalina Manulang lagi-lagi berkicau soal mantan kliennya ini.
Dia berkicau bahwa selain terlibat kasus suap Sesmenpora Wafid Muharam, Rosa juga diduga terjerat sejumlah kasus korupsi lain di antaranya pengadaan alat kesehatan untuk rumah sakit di kawasan Jawa dan Sumatra.

Kasus Rosa di lingkungan Kemenpora nilainya justru dianggap masih terbilang kecil lantaran masih ada dugaan kasus korupsi lain yang nilainya jauh lebih besar. Kasus Rosa yang lain itu bahkan dinyatakan Kamaruddin bukan isapan jempol lantaran Komisi Pemberantasan Korupsi telah turun tangan.

"Ada kasus korupsi [Rosa] yang menyangkut pengadaan alat kesehatan, flu burung dan pembangunan rumah sakit. Ini yang sempat tercatat, padahal kasusnya masih banyak lagi," katanya ketika dikonfirmasi wartawan hari ini.

Jika dalam kasus suap Kemenpora uang negara yang dipermasalahkan hanya Rp191 miliar dalam pembangunan Wisma Atlet untuk Sea Games XXVI di Palembang, kasus korupsi yang lain justru melibatkan uang negara beberapa kali lipat. "Kasus yang terungkap di KPK [Sesmenpora] cuma kecil, atau mungkin yang terkecil. Kalau yang lain bisa triliunan," paparnya.

Sebelumnya, keterkaitan Rosa dengan kasus korupsi lain telah ditegaskan oleh salah satu petinggi KPK Chandra M. Hamzah. Menurut dia, ada seseorang yang mengaku sebagai pegawai KPK memeras Rosa. "Pemerasan itu bukan terkait kasus Kemenpora, tapi kasus lain yang ditangani KPK," katanya pada Kamis 12 Mei di kantor KPK.

Pada saat itu, Chandra enggan didesak membeberkan dugaan kasus korupsi lain yang terhubung dengan Rosa termasuk proses penyelidikan yang telah ditangani KPK. "Tidak bisa [diungkapkan] sekarang," lanjutnya.

No comments:

Post a Comment